Lewati navigasi

 

Judul : Sicko

Format : DVD

Durasi : 123 menit

Sutradara : Michael Moore

Tahun : 2007

 

Film ini bukan tergolong film baru karena sudah dirilis pada tahun 2007 dan setelah tersimpan begitu lama di kamar, akhirnya saya bisa juga berkesempatan untuk menontonnya. Setelah film Fahrenheit 9/11-nya yang kontroversial, Michael Moore menulis, membuat dan memproduksi film berikutnya berjudul “Sicko” yang mengupas serta menceritakan tentang 250 juta orang Amerika yang menghadapi kesulitan dalam mendapatkan asuransi kesehatan bagi diri mereka sendiri ketika mereka mengalami penyakit-penyakit ataupun kecelakaan. Mereka menghadapi banyak masalah dan ganjalan ketika mereka ingin mengklaim asuransi kesehatan mereka karena mereka diserang oleh penyakit serius seperti kanker, tumor ataupun operasi penyambungan bagian tubuh. Film ini menyuguhkan sebuah pesan dan kritik yang luar biasa bagi Amerika ataupun negara-negara lain yang masih mempunyai masalah dengan jaminan kesehatan untuk warga negaranya. Berbagai sudut pandang dimunculkan di film ini mulai dari “korban-korban” penolakan asuransi kesehatan, dokter-dokter yang mempunyai perasaan bersalah atau “dosa” ketika hati nurani mereka berteriak tetapi mereka tidak berdaya harus mengikuti sistem yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi. Konspirasi politik negara yang mengakibatkan permasalahan asuransi kesehatan ini pun dimunculkan oleh Moore, sebuah pengungkapan fakta yang begitu berani dan cerdas. Bahkan Moore pun dibuat terheran-heran ketika Moore mengunjungi beberapa negara lain seperti Canada, Inggris, Perancis ataupun Cuba yang notabene sebuah negara “menakutkan” tetapi negara-negara itu mempunyai jaminan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warganya. Moore pun semakin bertanya-tanya, bagaimana bisa rumah sakit di negara-negara ini bisa memberikan fasilitas pengobatan, operasi gratis bagi warganya? darimana gaji dokter-dokter tersebut? bagaimana bisa dokter-dokter itu mempunyai rumah mewah dan mobil mewah di garasi mereka? Anda akan merasa terharu, tersentuh, bertanya-tanya dan tersenyum sendiri melihatnya karena keberhasilan Moore dalam menampilkan, mengupas dan “menelanjangi” fakta, sejarah dan kebenaran yang ada dalam film ini.

 

3 Comments

  1. Hai Aru..
    Film Sicko pernah dibahas di Oprah dan memang, sepertinya film ini sangat fenomenal. Di negara seperti Amerika, ternyata masih sekeropos itu. *apalagi di negeri sendiri ya?*

    Hmm…

  2. @jeunglala: yup di Amerika banyak warganya sendiri yang terkena dampak propaganda negara mereka sendiri, turut membangun “american dream” yang semu.
    *mmm..sekeropos apa kalo di negeri sendiri ya?lebih parah?atau malah parah bgt?halah sama aja ya hehehe*

  3. waaaah beneran di Amerika masih ada yang begitu?

    ternyata…


Tinggalkan komentar